Hari Terakhir Ramadhan, Matahari Akan Tepat Berada di Atas Kabah


Kamis (16/7/2015) atau hari terakhir Ramadhan (bila Lebaran jatuh pada 17 Juli 2015), Matahari akan tepat berada di atas Kabah.

Peneliti di Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial, dan Tanda Waktu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rukman Nugraha, peristiwa itu menjadi momen yang tepat bagi umat Islam di Indonesia untuk menyesuaikan arah kiblat.

Rukman menjelaskan, peristiwa tahunan itu adalah efek dari gerak semu tahunan Matahari, dari ekuator menuju 23,5 derajat lintang utara dan berbalik lagi ke 23,5 derajat lintang selatan.

Kabah sendiri berada di 21,25 derajat lintang utara. Jadi, wilayah Kabah selalu dilewati Matahari dalam pergerakan menuju titik balik utara serta titik balik selatannya, dua kali dalam setahun.

"(Tahun ini) waktunya adalah 28 Mei, yaitu saat Matahari bergerak ke titik balik utara, dan 16 Juli, saat Matahari bergerak kembali ke arah selatan dari titik balik utaranya," kata Rukman.

Peristiwa Matahari berada tepat di atas Kabah bisa menjadi momen tepat untuk menyempurnakan arah kiblat sebab arah bayangan benda tegak (misal tongkat atau tiang) yang terbentuk saat itu bisa menjadi petunjuk arah kiblat.

"Saat kita menarik garis dari titik ujung bayangan ke pangkal benda tegak tersebut, itulah arah kiblat yang tepat," kata Rukman kepada Kompas.com, Selasa (14/7/2015).

Syarat utama untuk dapat melakukan penyesuaian arah kiblat adalah Matahari masih bersinar alias hari masih terang. Lusa, Matahari akan berada di atas Kabah pada pukul 16.27 WIB. Jadi, hanya warga Indonesia barat saja yang bisa menyesuaikan arah kiblat pada hari itu.

Saat Matahari di atas Kabah pada lusa, wilayah Indonesia tengah sudah senja dan di Indonesia timur Matahari sudah tenggelam.

Bagi warga Indonesia barat yang ingin menyesuaikan arah kiblat, beberapa langkah perlu dilakukan. Langkah pertama adalah menyesuaikan waktu dengan waktu menurut jam atom yang teradapat di BMKG. Waktu bisa diakses pada http://jam.bmkg.go.id.

Selanjutnya, umat Islam bisa menggunakan alat tegak lurus dan meletakkannya pada permukaan yang lapang dan datar. Alat ini bisa berupa bandul yang digantung, tiang pancang, atau dinding bangunan yang benar-benar tegak lurus terhadap tanah.

Lalu, lakukan proses kalibrasi sejak lima menit sebelum waktu yang ditentukan oleh jam atom
hingga lima menit sesudahnya.

Tahap akhir, lihat arah bayangan yang terbentuk. Tarik garis dari ujung bayangan hingga ke posisi alat. Garis yang ditarik itulah arah kiblat yang tepat, yang sudah dikalibrasi dengan posisi Matahari saat tepat berada di atas Kabah.

Nantikan peristiwa Matahari di atas Kabah yang akan jatuh pada hari terakhir Ramadhan 1436 Hijriah ini dan mari sesuaikan arah kiblat.

3 Responses to "Hari Terakhir Ramadhan, Matahari Akan Tepat Berada di Atas Kabah"


  1. Thanks for sharing this amazing article, it is very informative post good work keep it up.
    knixwear discount code

    BalasHapus
  2. Very nice really amazing post thank for this.

    Custom Logo

    BalasHapus
  3. This is amazing, thank you so much for the share. Also, if you are visit our website if you are looking for assistance with your nursing assignment:

    Nursing Assignment Help

    BalasHapus