Mumi Janda Bangsawan Spanyol Abad Ke-17 Utuh dengan Jantung Suaminya


MADRID – Para arkeolog mengungkapkan telah menemukan mayat yang dinyatakan nyaris masih sempurna, meski diawetkan lama. Mumi tersebut diyakini berasal dari kaum bangsawan Spanyol yang terletak di Utara Prancis pada abad ke-17.

Mumi yang diperkirakan berusia 350 tahun tersebut, ditemukan masih berpakaian keagamaan lengkap, seperti gaun dan sepatu yang masih digunakannya. Arkeolog mengagumi mumi yang diawetkan tersebut karena seolah masih terlihat utuh, seperti rambut, kulit, dan otak.

French, Arkeolog dari lembaga riset Inrap mengungkapkan bahwa mumi tersebut adalah tubuh seorang janda bangsawan yang bernama Louise de Quengo, atau Lady of Brefeillac. Janda tersebut diyakini meninggal pada 1658 ketika berusia enam puluh tahun, dan terkubur bersamaan dengan jantung suaminya yang juga seorang bangsawan Toussaint Perrien.

Temuan mumi ini didapat dari penggalian yang dilakukan di sebuah biara Jacobin di kota Rennes. Ada sebanyak 800 makam yang ditemukan para arkeolog dalam penggalian tersebut. Sekarang pusat penggalian tersebut menjadi pusat konferensi yang baru.

Louise de Quengo atau Lady of Brefeillac ditemukan di salah satu kuburan peti mati yang berlapis timah, namun sisa dari peti mati selain dari Lady of Brefeillac tersebut hanya berupa kerangka saja. Kemungkinan cara pengawetan dilakukan dengan pembalsaman yang baik untuk kaum bangsawan saat itu, karena meski terlihat kerang namun tidak benar-benar rapuh.

Selama proses autopsi dari lapisan timah tersebut, ilmuwan menemukan bahwa ada bagian jantung yang telah dipotong dengan keterampilan bedah yang baik. Mereka juga menemukan batu ginjal dan paru-paru dalam tubuh de Quengo

0 Response to "Mumi Janda Bangsawan Spanyol Abad Ke-17 Utuh dengan Jantung Suaminya"

Posting Komentar